KUMPULAN MAKALAH

GEREJA PENTAKOSTA TABERNAKEL

PASAL 1 PENDAHULUAN Pada awal perkembangan gereja, salah satu pusat PI yang utama adalah Antiokhia. Di sini pertama kali muncul jem...

17 February 2016

GURU MENJADI TELADAN


Judul buku                  : Menjadi Guru Teladan
Pengarang                   : T Rusyandy
Penerbit                       : CV. Kandaga Ciptakarya
Tebal                           : 171 Halaman
Guru Teladan dan Guru yang  Bermoral
Perilaku teladan bagi guru bukan saja memperlihat kan di sekolah, tetapi juga dalam lingkungan keluarga dan dalam pergaulan dengan masyarakat luas, karena para Guru teladan ini menjadi toko dan di jadikan contoh. Oleh karna itu para Guru teladan harus menjadi pengerak dalam berbagi kegiatan khususnya dalam bidang pendidikan untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan.
Pemilihan guru teladan sebenarnya suda lama dilakukan dengan tujuan sebagai pemacu peningkatan perestasi dan keteladanan dalam bidang pendidikan. Guru teladan ini penting sebagai bahan perbandingan, karena dengan adanya pemilihan Guru teladan ini memberi semangat bersaing yang fair di antara para guru.
Untuk memili Guru teladan ini sudah seharusnya ada ceritakan  yang jelas dan transfaran. Oleh karena itu maka buku menjadi Guru teladan ini merupakan sala satu buku pegangan para guru untuk menjadi guru teladan dan merupakan sala satu petunjuk serta menuntun sebagai panitia pemilihan guru teladan dalam memberikan nilai kepada guru, sehinga guru ter  sebut menjadi guru teladan dalam memberikan nilai kepada guru, sehinga guru ter sebut menjadi teladan yang benar- benar teladaan.
Dengan adanya buku menjadi Guru teladan ini para guru menjadi guru teladan dan dalam melakukan penilaian secara objektif  memenuhi criteria keteladanan secara menyeluruh dan dibahas dengan gamlang
Konsep Dasar Tentang Keteladanan
Penetapan guru teladan sebenarnya tidak perluditetapkan setaun sekali, demikian juga guru teladan merupakan panutan yang harus di tiru  dan di contoh. Oleh sebabnya Guru teladan adalah guru yang memiliki perri laku yang terpuji dan perlakukan patut di tiru. Megapa keteladanan guru harus dipuji ? Oleh karna ia memiliki perilaku terpuji, yakni,pengapdian, loyal, berkepribadian, berbakat, aktif dan kreatif, bernisiatif, inofatif demokratis, memiliki, motifasi  yang tinggi, berdisiplin dan berperestasi.
Penulis menjelaskan isi buku ini dengan pengenalan kajian isi dari buku ini bahwa:  teladan sangat penting bagi pengajar jika dalam  mengadaptasi dengan lingkungan, murid, masyarakat dan lingkungan untuk menigkatkan tugas dan dedikasi terhadap tugas dan tangung jawab. Dengan demikian isi dari buku ini bermakna. Ketika kata-kata kunci untuk meroba dan memperbaiki perkembangan hidup kedepan, terlebi-lebi anak usia pedidikan agar murid medapatkan prestasi dan perkembangan moral bagi murit.
Buku ini sangat menolong bagi penulis juga menamba motifasi, untuk dapat aflikasikan dan menerapkan dalam pelayanan agar dapat bermoral menjalankan pelayananya dengan efektif.
Dalam kelebihan buku ini sangat penting sebab akan mengendalikan alur kedewasaan dan pemasyarakatan dalam hidup rukun ber Agama, Bangsa dan Negara agar kedamaian membawa bangsa yang takut akan Tuhan. Berbagi sifat yang penting itu merupakan sikap dasar dalam berprilaku yang terpuji dan di teladani. Dalam proses pendidikan pada umumnya dan proses pembelajaran pada kususnya setiap Guru berusaha menjadi teladan anak didik.
 Keteladanan sangat penting artinya bagi berbagi pihak, kususnya bagi anak didik , karena dengan keteladanan yang di miliki guru, mampu menangkap makna sesuatu dari ucapan  perbuatan dan prilaku sehari-hari yang kemudian ditiru dan di jadikan landasan hidup oleh anak didik. Olekarena itu Guru teladan memang harus benar- benar teladan.
Ciri-Ciri dari Buku ini Adalah
Memiliki cita-cita yang tinggi, memanfaatkan kesempatan , percaya diri, brusaha untuk berhasil, memiliki pengetahuan dan keteram pilan .Oleh sebabnya setiap proses pembelajaran, guru harus berusaha membantu agar anak didik menjadi orang yang memiliki sifat-sifat jujur,  cermat hati-hati teliti, hemat dan lain-lain. Harus disadari bahwa sifa-sifat sebaliknya, bukansaja tidak akan mengantarkan seorang pada sukses  dalam hidupnya, tetapi juga memang tidak disukai Tuhan.
Jka di dalam masyarakat masi temui guru yang tidak jujur ingin menjadi kaya dan makmur, sesui janji Tuhan yang pasti memberikan kesenagan duniawiah bagi yang menghendakinya, sedangkan di akhirat tidak akan memperoleh  bagian mana kemampuan bersukur telah di uraikan akan mempengaru pada kemampuan mempergunaka secara baik dan tenang sebagai pem untuk mewujut kan guru yang berwibawa yang mampu bersukur   pada semua nik mat, rahmat dan cobahaan Tuhan . diperlakuk  dan dan cubaan pendidikan  propesional, bagi guru menyentuh yang di rinai  hati nurani yang terdalam.
Membahagiakan  kertas petunjuk atau   pedoman belajar  kepada perserta didik petunjuk dan  penyedian oleh pusat belajar  penyediaan sumber belajar tambahan untuk memperluas  wawasan atau ide  seperti puplikasi tentang permainanka kata, bahasa,  yang piguratif tugas analisis buku gambar , buku ceri buku cerita komik kabr buku berita 
Kekurangan buku ini adalah : sebagai berikut untuk isinys 171 halaman  dan penulis membacaa semua. Isi bukuini dan hasilnya adalah  dalam tulisanya  bannyak bahasa asig yang mampu  mengartikan bahasa ilmi disempurnakan  juga dengan  baik oleh pengarag . Dengan ini kemajuan Ilmu  sangat  berkembang  itu semuanya  dan kami  sagat ragu karena isi buku baik untuk di baca tetapi sampul dari buku ini tidak mendukung karena tidak ada gambar yang sesuai  dengan isibuku, oleh sebabnya  banyak  orang tidak ber  minat untuk membacanya.
Bagimana  buku ini dapat ditulis?  Buku ini tediri dari(13)pasal  judulnya 47 pokok pembahasan dalam buku ini terbukti bahwa prinsip  keteladanan medidik siswa secara tulisan yang di tuliskan pada abad yang silam namun terlebi untuk kepentingan dalam bidang pendidikan sangat di utamakan bagi guru pengajar, dan murit yang di per siapkan untuk masa depan bagi generasi penerus, yang dalam menerapkan dan mempraktekan dalam beradaptasi , lingkungan dimana kita berada.
Jman Yunani kuno. Hippocrates menyebut adnya empat  “ jenis” kepribadian yang berada: Sanguine atau orang yang cepat dan aktif; Choleric yaitu orang yang kuat dan mudah dirangsang, Phlegmatic atau tipe yang lambat dan tenag, sekarang diangkap bahwa dasar kepribadian berasal dari kematangan cirri bawahan ini dipengarui sebagian oleh kondisian. Karena tidak ada dua orang guru, bahkan juga tidak kembar identiik, yang mempunyai bawahan Fisik dan mental yang selurunya sama dan pengalaman lingkungan yang sama, maka tidak ada dua orang guru yang akan mengem bang kan polah kepribadian yang identik. Sebaliknya, masing-masing guru akan merupakan seorang individu. Sekali suatu cirri telah terbentuk melalui pengaru lingkungan, ciri itu mempengaruhi perilaku maupun minat mengapa seseorang meroba prilaku dan menuju hidup yang motif?
Pengertian Motif
Pembaharuan dalam pengertian kepribadian atau upaya guru untuk menyebatani masa sekarangg dan masa yang akan datang  dengan jalan memperkenalkan program, kurikulum metodologi pengajaran atau penggunaan teknologi yang baru sebagai jawaban atas perkembangan internal dan external dalam dunia pendidikan dan proses pembelajaran yang cendrung meningkatkan kualitas dan mutunya.
Guru yang inofatif adalah yang mampu menyesuikan ide dengan perkembangan zaman, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang timbul dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penilitian yang seksama serta pengajiannya dan pembaharuan hasil kajian yang bersang kutan.
Pembaruan adalah suatu rangkaian atau perbuatan menggali, mempelajari dan menerapkan hal-hal yang baru untuk selanjutnya digunakan terdapat bukti dari hasil studi, bahwa tidak ada yang kostisten, secara absolute dalam bentuk perilaku para dominan, juga tidak ada perubahan revolusioner, sebaliknya pergeseran hampur selalu menuju kearah perilaku yang telah terlihat sebelumnya, walaupun tidak selalu dalam bentuk yang menonjol.
Guru teladan adalah guru yang memiliki bakatdalam mengajar dan melaksanaknan proses pembelajaran karena guru yang berbakat didukung oleh kemampuan yang  dibawa sejak lahir, yang dikembangkan mlalui belajar diberbagai pendidikan guru, sehingga guru tersebut mampu mengajar dengan baik dan professional. Guru teladan memiliki bakat tersendiri dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Kelebihan buku ini membantu kita mengerti bagaimana konsep guru teladan yang selengkapnya, kita bisa belajar banyak melalui buku ini karena buku ini cukup singkat.
Kekurangan buku ini adalah cukup tebal sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk dapat mengerti secara keseluruha


Peringkas buku: Yafedi Gea
http://callvideon.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment